Wednesday, March 16, 2016

Manfaat dan Mudharat Makelar / Tukang Pakang Tanah

Sepintas kehadiran makelar tanah atau yang lazim di sebut tukang pakang adalah merugikan. Kenapa tidak? Harga yang tadinya sudah di sepakati diantara pembeli dengan penjual bisa berantakan di sebabkan ulah mereka, tukang pakang merasa punya hak atas transaksi yang terjadi. Dari sanalah biasanya masalah muncul, fee untuk pakang ini tidak pernah di perhitungkan sebelumnya, sebab memang tidak ada aturan secara tertulis atas hak dan kewajiban tukang pakang ini. Tidak tanggung-tanggung di daerah saya para tukang pakang ini mematok fee mereka 2.5% dari nilai transaksi, dan itu dibebankan kepada kedua belah pihak sehingga total mereka mendapatkan 5%. Artinya jika terjadi transaksi 1 miliar maka mereka mendapatkan total fee 50 juta dari pembeli dan penjual tanah, bagaiamana kalau 10 miliar? Tentu saja mereka dapat 500 juta. Sungguh jumlah uang jasa yang tidak sedikit bukan? Padahal kerja mereka hanya lah memberikan informasi, mempertemukan penjual dengan pembeli. Tidak lebih!

Lalu apakah kehadiran tukang pakang ini bermanfaat? atau hanya mudharat saja? ,atau hanya sebagai benalu penghisap, sebagai tamu tidak diundang dan tiba-tiba menghabiskan banyak makanan di acara pesta orang lain?
Saya setuju! begitu kenyataannya walaupun tidak semua, ada yang profesional dan berkualitas, sayang nya tidak banyak. Begitulah kenyataanya. Saya begitu muak dengan kehadiran tukang pakang tanah amatiran ini, Mereka hanya peduli pada keuntungan semata, tidak pernah sabar, dalam kepala mereka hanya melulu bagaimana supaya transaksi segera terjadi kemudian menerima fee, mereka tidak peduli apakah tanah itu sudah ready atau masih mentah? bagus untuk di olah atau tidak? Dan inilah yang saya sebut tukang pakang cap dolar, cara kerjanya mirip Pak Ogah. Sayang nya jumlah tukang pakang model begini sangat banyak.

Namun disisi lain justru mereka mempercepat segala sesuatu nya. Mereka memiliki banyak informasi lahan yang akan dijual bahkan lengkap dengan foto copy sertifikat pemilik lahan. Informasi inilah sebenarnya yang mahal, mereka tahu itu mempunyai nilai yang pantas untuk di bayar mahal. Dari mereka kita tahu lokasi-lokasi strategis yang akan di jual pemiliknya.

Jika Anda belum pernah berurusan dengan masalah jual beli tanah ada baiknya belajar dengan tukang pakang ini, minimal anda tahu, inilah dunia bisnis property yang sesungguhnya. Banyak hal yang tidak akan anda temui di sekolah atau kampus. Bagaimana mereka menghasilkan ratusan juta rupiah dengan hanya mempetemukan penjual dan pembeli, bagaiaman mereka membuat harga lebih mahal dari yang seharusnya, bagaimana mereka menyulap tanah yang tadinya tidak strategis menjadi layak dan patut dihargai mahal dan sebagainya. Semua itu ada pada mereka.

Yang menjadi pertanyaan bagaiaman caranya memilih tukang pakang profesional kemudian menjadikan mereka mitra dan memanfaatkan mereka untuk kepentingan bisnis Anda?
saya merekomendasikan, pilihlah seorang tukang pakang tetap. Berikan mereka pekerjaan yang layak. Dalam arti suruh mereka bekerja sampai tuntas, lalu bagaimana cara membayar mereka? apakah saya membayar sesuai dengan persentase yang mereka tetapkan? simak cara saya melakukannya di Cara Cerdik Memanfaatkan Tukang Pakang

No comments:

Post a Comment