Monday, March 14, 2016

5 Hal Penting Ketika Membeli Lahan Property

Perhatikan 5 hal penting ini ketika anda akan membeli lahan property untuk membangun perumahan

1. Yang harus anda perhatikan ketika membeli lahan Property untuk perumahan adalah akses atau jalan masuk menuju lokasi, tidak penting sejauh apa lokasi lahan yang penting ada jalan masuk nya. itu wajib!. Jalan masuk yang saya maksud adalah jalan yang bisa dilewati mobil minimal 6 meter. Itu standar nya. “Bagaiamana kalau ada jalan tapi jauh dari pusat keramaian”? itu sudah masalah lain lagi, kalau anda kreatif bisa saja anda bangun villa atau sejenisnya.

2. kondisi lahan, apakah lahan itu keras, rawa, datar, lembah, berbukit, dan seterusnya. Ini akan menjadi dasar pertimbangan untuk menawar harga tanah tersebut. Jangan remehkan hal ini, biaya pematangan lahan bisa mencapai 50% bahkan 100% dari nilai lahan itu sendiri.

3. Sertifikat tanah, pastikan tanah yang akan anda beli sudah bersertifikat. Jangan membeli kucing dalam karung.

4. Gambar situasi tanah yang biasa di sebut GS. GS itu bisa di lihat pada lembaran sertifikat tanah, disana kita bisa melihat seperti apa potongan tanah itu. Anda tidak bisa asal membeli tanah tanpa melihat GS ini. Misalnya anda di tawarkan lokasi strategis, dekat dengan kota, harga juga murah, sertifikat oke, tapi setelah itu anda tidak bisa membangun apa-apa di sebab potongan tanah itu memanjang seperti jalan tol.

5. Hal yang tidak boleh anda lupa yaitu pembuangan limbah. Salah satu poin analisa dampak lingkungan ini jarang menjadi perhatian orang ketika membeli lahan, padahal penting. Pastikan ada jalur untuk pembuangan, anda boleh mengabaikan ini jika hanya akan membangun satu atau dua rumah saja, tapi bagaimana kalau anda membangun ratusan bahkan ribuan rumah?

Itulah 5 hal yang paling wajib anda perhatikan. Yang lain-lain di luar itu tidak terlalu penting. setelah itu baru anda boleh menawar harga. Cara menawar harga pun perlu anda pelajari, apalagi bagi anda yang belum pernah sama sekali bersentuhan dengan bisnis property. Apakah anda tahu trik saya menawar harga tanah untuk perumahan? bukan teori umum tapi cara saya. Mari ikuti terus pada Seni Menawar Harga Tanah Perumahan

No comments:

Post a Comment