Wednesday, March 16, 2016

Cara Cerdik Memanfaatkan Makelar / Tukang Pakang Tanah Profesional

Selama bergelut dalam bisnis property saya tidak pernah lepas dari yang namanya pakang tanah atau makelar tanah. Dari yang amatiran sampai pakang tanah profesional, setidaknya untuk kelas makelar di daerah saya.

Sebanyak tukang pakang tanah yang saya kenal ada seorang yang menarik perhatian saya, nama beliau Pak Jaya, sebenarnya beliau adalah seorang PNS namun mengambil bisnis ini paruh waktu. Pak Jaya berbeda dengan para tukang pakang kebanyakan, beliau sangat ramah dan bersahaja. Beliau tidak mau memberikan tanah yang belum jelas kedudukannya. Beliau tukang pakang terbaik yang pernah saya tahu, Informasi yang beliau berikan selalu informasi tipe A.

Pak Jaya tidak menyodorkan tanah yang akan di jual pemiliknya, sebaliknya para Pembeli lah yang mendatangi pak Jaya untuk mencari informasi lahan yang strategis dan sudah fix . Artinya tanah tersebut sudah siap lepas landas dengan kelengkapan surat-surat serta pembebasannya. Bukan barang mentah yang sebenarnya belum pasti kedudukannya. Dari mana beliau mendapatkan informasi tersebut? Ya dari para pemilik tanah langsung. Pak Jaya memang sudah memeliliki brand dalam bidang ini.

Bagaiaman saya memanfaatkan Pak Jaya dalam urusan jual beli tanah?
Sebenarnya saya tidak memanfaatkan beliau, namun saya bermitra dengan beliau, beliau juga terbuka untuk mendiskusikan masalah fee, bagi beliau fee 2.5% dari nilai transaksi tu tidak berlaku, selalu dinamis, jika memang beliau merasa berhak dengan fee yang besar maka beliau mengatakannya terus terang demikian juga sebaliknya. Bahkan kalau Anda merasa mampu mengurus sendiri beliau tidak akan memaksa Anda untuk memakai Jasa nya.

Sebagai pengembang anda wajib memiliki orang-orang seperti Pak Jaya di daerah anda masing-masing, pasti ada makelar seperti beliau. Ciri-cirinya adalah selalu memberikan informasi yang akurat. Dengan beliau suatu proses bisa di percepat. Dari beliau kita mendapatkan informasi lahan-lahan strategis, sehingga tidak keduluan orang lain. Boleh di kata andil tukang pakang profesional menjadi faktor penting kesuksesan sebuah proyek.

Untuk anda ketahui mencari lahan perumahan itu tidak segampang yang anda kira jika tidak tahu cara nya. Sebab tidak semua lahan yang dijual di kasih plang merk “TANAH INI DI JUAL”. Jika pun anda menemui tanah dengan pengumuman seperti diatas, rata-rata tanah itu mahal sekali sehingga tidak cocok di jadikan perumahan. Malah akan membuat anda rugi.

No comments:

Post a Comment